15 June 2021

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo

Jl. Basuki Rahmad No. 20 A Probolinggo Jawa Timur

Greget PPDB Tahun 2021 Kota Probolinggo (Implementasi dan Inovasinya)

3 min read

MAYANGAN – Genderang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah mulai digaungkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo.  Pagi tadi, 13 April 2021 Tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bertandang  ke Radio Suara Kota yang merupakan corongnya informasi Pemerintah Kota Probolinggo. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Drs. MOCH. MASKUR, M.Pd. (Kepala Disdikbud), SITI ROMLAH, S.Si. M.Pd. (Kabid Pembinaan Pendas), dan TRINGASTITI RAHMAKASIH, S.Pd, M.Pd (Kasi peserta didik dan pembangunan karakter).

PPDB memang rutin setiap tahun dilaksanakan, tapi tidak bisa dianggap sebagai  suatu yang biasa. Dalam implementasi selalu ada masalah dan problematikanya. Sampai-sampai  Walikota juga urun ide agar tahun ini ada penandatanganan pakta integritas bagi seluruh pelaksana PPDB. Hal ini untuk mengurangi stigma ada kecurangan dan adanya titipan dalam pelaksanaan PPDB. Oleh karena itu,  beliau  berharap tahun ini tidak ada lagi toleransi intervensi. Dengan tegas beliau katakan,” Tahun ini zero titipan!”

Dalam sambutannya melalui Radio Suara Kota Drs. MOCH. MASKUR, M.Pd.  menyampaikan bahwa pemerataan mutu pendidikan di Kota Probolinggo sudah betul-betul diperhatikan oleh pemerintah baik SDM guru, maupun sarana prasarana pendidikan. Semua sudah disiapkan dan  difasilitasi secara merata. Kurikulumnya juga sama dan bahkan untuk  SD Negeri dan SMP Negeri biaya pendidikan sudah gratis. Beliau berharap agar masyarakat tidak perlu ada kecenderungan memilih sekolah. Sekolah yang dekat rumah justru lebih enak, nyaman, enjoy,  serta pengawasan dan pengamanannya  lebih mudah.

Pelaksanaan PPDB diatur dalam Peraturan Walikota Probolinggo nomor 22 tahun 2021 tentang Pedoman penerimaan peserta didik baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama.

Pendaftaran PPDB dibagi menjadi beberapa jalur.  Pendaftaran PPDB Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas, dan Jalur Prestasi dilaksanakan tanggal 24 sd 28 Mei 2021. Hasilnya  diumumkan pada tanggal 7 Juni 2021. Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi  untuk jenjang SD dilaksanakan tanggal 9  s.d. 12 Juni 2021, sedangkan  untuk jenjang SMP tanggal 14  s.d. 17 Juni 2021. Masa Uji Publik untuk jenjang SD dan SMP, tanggal 21 s.d. 24 Juni 2021. Pengumuman tanggal 28 Juni 2021. Jika pagu belum terpenuhi maka dibuka jalur pemenuhan pagu. Beliau tegaskan pula bahwa ketika pendaftaran ulang orang tua tidak dipungut biaya apa pun oleh sekolah.

Sementara itu, SITI ROMLAH, S.Si. M.Pd. menyampaikan bahwa untuk giat PPDB Dinas Pendidikan selalu melakukan Continuous improvement (perbaikan yang terus menerus). Ada 5 ide perubahan agar PPDB lebih berkeadilan,  yang pertama melalui jalur afirmasi untuk mengakomodir siswa berkebutuhan khusus dan siswa dari keluarga yang tidak mampu. Yang kedua adalah jalur prestasi. Setiap harinya panitia melakukan base on date. Mulai tanggal 26 Februari 2021 panitia sudah melakukan pendataan dengan tujuan panitia PPDB sudah memiliki data. Tahun ini anak-anak akan terpanggil seperti jalur undangan. Dengan demikian, orang tua menjadi  tahu bahwa anaknya berprestasi. Dalam jalur prestasi setiap siswa yang menduduki peringkat 1-5 dalam satuan pendidikan berhak untuk mendapatkan kesempatan mendaftar di jalur prestasi. Yang ketiga, jalur pemenuhan pagu. Jalur ini tidak lagi manual seperti dulu, tapi sudah terdata dalam data base. Hanya yang masuk dalam data base yang bisa mendaftar di jalur pemenuhan pagu. Keempat, Transparansi artinya diaplikasi PPDB semuanya full online. Semua informasi terkait PPDB yang mendaftar atau yang gugur masyarakat bisa mengetahui secara online. Secara Real time hari itu mendaftar, saat itu juga calon bisa melihat posisi di mana.

“Aplikasi PPDB tahun ini dibuat lebih simple dan memudahkan calon peserta didik baru. Dalam sistem, pendaftar tidak perlu lagi mengupload foto KK, sertifikat atau data yang lain seperti tahun lalu. Itu menyulitkan,”jelas SITI ROMLAH, S.Si. M.Pd.

Dalam kesempatan itu juga, TRINGASTITI RAHMAKASIH, S.Pd, M.Pd menjelaskan tentang perolehan bobot skor Prestasi Belajar siswa dari rerata Rapor semester 7 sd semester 11 ranah pengetahuan dan kertrampilan SD/MI dan Paket A Tahun Ajaran 2021/2022. Peringkat 1 skor 10,00 Peringkat 2 skor 8.00, peringkat 3 skor 7,00,  Peringkat 4 skor 5,50  Peringkat 5 skor  4,00. 

Di samping itu, juga disampaikan bobot  skor untuk prestasi akademik dan nonakademik.  Untuk kejuaraan tunggal tingkat Kota/Kabupaten  juara 1 skor 10,00, juara 2 skor 7,50, juara 3 skor 5,00. Kejuaraan tingkat provinsi  juara 1 skor 17,00, juara 2 skor 15,00, juara 3 skor 12,50. Kejuaraan tingkat nasional juara 1 skor 25,00, juara 2 skor 22,5, juara 3 skor 20,00. Kejuaraan tingkat internasional juara 1 skor 32,50, juara 2 skor 30,00, juara 3 skor 27,50. Untuk kejuaraan beregu juga ada skor tersendiri .

“Orang tua/Calon melakukan pendaftaran dengan mengunjungi situs PPDB Disdikbud Kota Probolinggp di alamat website ppdb. probolinggokota.go. id,” pungkas TRINGASTITI RAHMAKASIH,S.Pd,M.Pd. (Agus Lithanta)

Perwali_22_2021_Pedoman_PPDB_TK_SD_Dan_SMP_TP_2021-202217032021171242

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright ©2021 Dikbud Kota Probolinggo | Newsphere by AF themes.