December 8, 2022

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo

Jl. Basuki Rahmad No.20A, Kota Probolinggo Jawa Timur

Barongsai “Lion Dragon” Sebagai Kesenian Representatif Etnis Tionghoa Kota Probolinggo Pada Gelaran Hari Jadi Kota Probolinggo ke 663

1 min read

Kota Probolinggo memiliki identitas budaya sebagai masyarakat pendalungan. Pendalungan tidak hanya dari 2 etnis dominan saja yaitu etnis jawa dan madura. Namun terdapat etnis lain seperti Arab maupun Tionghoa. Keberagaman etnis yang ada di Kota Probolinggo menunjukkan tingginya toleransi keberagaman dalam masyarakat sejak dulu.
Etnis Tionghoa tercatat sudah menempati Kota Probolinggo bahkan sebelum bangsa eropa datang. Bisa dilihat dari adanya Klenteng Sumber Naga yang berada di jl. WR Supratman, Mangunharjo yang diperkirakan sudah berdiri sejak tahun 1856. Kemudian menjadi kawasan pecinan di sekitar kali Banger. Etnis Tionghoa tidak lepas dari sejarah perkembangan Kota Probolinggo.

Dalam Hari Jadi Kota Probolinggo (HADIPRO) ke 663, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo bekerja sama dengan perwakilan dari Etnis Tionghoa dan Lion Dragon, menampilkan kesenian khas tionghoa berupa tampilan Barongsai. Tampilan ini sebagai wujud merayakan keberagaman dan kebersamaan etnis demi Kota Probolinggo yang Hebat dan Handal.
Pada pelaksanaan tampilan Barongsai dan kesenian khas tionghoa tanggal 7 September 2022 sangat dipadati pengunjung. Gelar seni adat dalam rangkaian Hari Jadi Kota Probolinggo ke 663 sebagai pelepas dahaga warga Kota Probolinggo yang sudah lama tidak menikmati pentas seni dan hiburan berskala besar karena terhambat pandemi covid. Dengan suksesnya berbagai pagelaran seni budaya yang ditampilkan, semoga menjadi pelecut perkembangan kebudayaan yang ada di Kota Probolinggo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.