December 8, 2022

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo

Jl. Basuki Rahmad No.20A, Kota Probolinggo Jawa Timur

JE’ PANIK JE’ PANAS

1 min read

JE’ PANIK JE’ PANAS

Je’ Panik merupakan akronim dari Jemput Sampah Organik. Sementara Je’ Panas merpakan akronim dari Jemput Sampah di Bank Sampah. Je’ Panik Je’ Panas juga memiliki makna dalam Bahasa Madura, yaitu “Jangan Panik, Jangan Panas”.

Je’ Panik Je’ Panas merupakan inovasi yang dikembangan Dinas Lingkungan Hidup melalui UPT PSL (Pengolahan Sampah dan Limbah). Melalui inovasi ini, UPT PSL melayani pengambilan sampah terpilah dari masyarakat. Sesuai dengan namanya, sampah yang bisa diambil merupakan sampah organik dan sampah anorganik.

Jika sudah terkumpul minimal 5 sak sampah organik, masyarakat dapat menghubungi UPTD Pengelolaan Sampah DLH melalui nomor (0335) 426563 atau WA 085216339191 untuk selanjutnya dilakukan pengambilan oleh petugas yang kemudian diolah menjadi kompos. Sebagai ganti dari sampah organik yang disetorkan, masyarakat akan memperoleh pengembalian 70% kompos dari yang telah dihasilkan.

       

Sementara untuk 5 sak sampah an-organik (diutamakan yang sudah terpilah), maka masyarakat di Bank Sampah dapat menghubungi UPTD Pengelolaan Sampah DLH melalui nomor (0335) 426563 atau wa 082334128230. Petugas selanjutnya akan mengambil dan menimbang sampah secara langsung. Sebagai pengembalian masyarakat akan mendapatkan saldo tabungan senilai sampah yang disetorkan.

Inovasi Je’ Panik Je’ Panas tengah mengikuti ajang perlombaan Innovative Government Award 2022 bersama dengan 57 inovasi lainnya se-Kota Probolinggo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.