December 8, 2022

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo

Jl. Basuki Rahmad No.20A, Kota Probolinggo Jawa Timur

Tugas dan Fungsi

SEKRETARIAT

  • Sekretaris     mempunyai     tugas     merencanakan,     melaksanakan, mengoordinasikan dan mengendalikan kegiatan administrasi umum, perlengkapan, penyusunan program dan keuangan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris mempunyai fungsi :
    • pengoordinasian perencanaan dan pelaksanaan program kerja Dinas;
    • pengelolaan administrasi umum dan perkantoran meliputi ketatausahaan, ketatalaksanaan, Kepegawaian, kepustakaan dan kearsipan Dinas;
    • penyediaan sarana dan prasarana kerja serta rumah tangga Dinas;
    • pengoordinasian penyusunan standar operasional prosedur kerja Dinas;
    • pelaksanaan pembinaan pola hubungan kerja, baik internal maupun lintas Dinas;
    • pengoordinasian kegiatan kehumasan dan keprotokolan serta pengelolaan data dan informasi Dinas;
    • pelaksanaan penatausahaan keuangan Dinas;
    • pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja Dinas;
    • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan program kerja Dinas; dan
    • pelaksanaan  tugas dinas lain yang diberikan oleh  Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Subbagian Tata Usaha, mempunyai tugas :
    • menyusun   rencana   program   dan   kegiatan   serta   pelaksanaan   pada Subbagian Tata Usaha;
    • membagi tugas, pemberian petunjuk serta pengevaluasian hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • melaksanakan       administrasi       umum       meliputi       ketatausahaan, ketatalaksanaan, kepustakaan dan tata kearsipan;
    • melaksanakan administrasi kepegawaian pada Sekretariat dan Bidang- Bidang di lingkungan Dinas;
    • mengoordinasikan pelaksanaan analisis jabatan, analisis beban kerja dan standar kompetensi pegawai pada Sekretariat dan Bidang-Bidang di lingkungan Dinas;
    • melaksanakan koordinasi penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP);
    • menyusun   rencana   kebutuhan   dan   pelaksanaan   pengadaan   serta pemeliharaan sarana dan prasarana kerja;
    • melaksanakan inventarisasi, pendistribusian, penyimpanan, perawatan dan usulan penghapusan sarana dan prasarana kerja;
    • melaksanakan  kegiatan  kehumasan  dan  keprotokolan  serta  pelayanan penerimaan tamu Dinas;
    • melaksanakan pengurusan perjalanan dinas, kebersihan kantor, keamanan kantor, serta pelayanan kerumahtanggaan lainnya;
    • menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Subbagian Tata Usaha; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh  Sekretaris  sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  2. Subbagian Program, mempunyai tugas :
    • menyusun   rencana   program   dan   kegiatan   serta   pelaksanaan   pada Subbagian Program;
    • membagi  tugas,  pemberian  petunjuk  serta  pengevaluasian  hasil  kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • mengoordinasikan penyusunan rencana dan pelaksanaan program dan kegiatan Dinas;
    • menyusun Rencana Kerja Anggaran dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas;
    • menghimpun, mendokumentasikan dan menyajikan data informasi yang berkaitan   dengan   penyelenggaraan   pelayanan   publik,   program   dan kegiatan pada Website Dinas;
    • mengoordinasikan  penyusunan  laporan  pencapaian  penerapan  Standar Pelayanan Minimal (SPM);
    • melaksanakan fasilitasi pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat (SKM);
    • mengoordinasikan penyusunan Standar Pelayanan Publik (SPP);
    • memfasilitasi dan mengkoordinasikan tugas pembantuan;
    • melaksanakan    monitoring,    evaluasi,    pengendalian    dan   pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan Dinas;
    • menyusun rencana kerja anggaran dan dokumen pelaksanaan anggaran Dinas;
    • menyusun  laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta realisasi anggaran Subbagian Program;
    • melaksanakan Akuntabilitas Kinerja Dinas; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh  Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  3. Subbagian Keuangan, mempunyai tugas :
    • menyusun   rencana   program   dan   kegiatan   serta   pelaksanaan   pada Subbagian Keuangan;
    • membagi  tugas,  memberikan  petunjuk  serta  mengevaluasi  hasil  kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • melaksanakan pengelolaan keuangan Dinas;
    • melaksanakan  pengajuan, perubahan, pemotongan, dan pendistribusian gaji pegawai;
    • mengkoordinasikan pelaksanaan tugas satuan pengelola keuangan Dinas;
    • melaksanakan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan realisasi anggaran Dinas;
    • menyusun  laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta  realisasi anggaran Subbagian Keuangan;
    • menyusun  laporan  pertanggungjawaban  atas  pelaksanaan  pengelolaan keuangan Dinas; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh  Sekretaris  sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG PEMBINAAN PENDIDIKAN DASAR

  • Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengoordinasikan, dan mengendalikan kegiatan, perumusan, penyusunan, pelaksanaan pengawasan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Pendidikan Dasar yang meliputi Kurikulum dan Penilaian, Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Peserta Didik dan Pembangunan Karakter.
  • Untuk  melaksanakan  tugas  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1),  Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, mempunyai fungsi :
    • Perumusan   rencana   kerja   dibidang   Pendidikan   Dasar   yang   meliputi kurikulum  dan  penilaian,  kelembagaan  dan  sarana  prasarana,  peserta didik dan pembangunan karakter;
    • perumusan  kebijakan  teknis  dibidang  Pendidikan  Dasar  yang  meliputi kurikulum  dan  penilaian,  kelembagaan  dan  sarana  prasarana,  peserta didik dan pembangunan karakter;
    • penyusunan   rencana  kerja   dibidang  Pendidikan  Dasar   yang  meliputi kurikulum  dan  penilaian,  kelembagaan  dan  sarana  prasarana,  peserta didik dan pembangunan karakter;
    • pelaksanaan   tugas   teknis   dibidang   Pendidikan   Dasar   yang   meliputi kurikulum  dan  penilaian,  kelembagaan  dan  sarana  prasarana,  peserta didik dan pembangunan karakter;
    • pelaksanaan   koordinasi,   fasilitasi   dan   pembinaan   tugas    dibidang Pendidikan Dasar yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter;
    • pelaksanaan kegiatan dibidang Pendidikan Dasar yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter;
    • pelaksanaan    pengawasan,    pengendalian,    evaluasi    dan    pelaporan pelaksanaan kegiatan dibidang Pendidikan Dasar yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter; dan
    • pelaksanaan fungsi dinas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Seksi Kurikulum dan Penilaian, mempunyai tugas :
    • menghimpun  dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan,  petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    • menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    • membagi tugas, memberi petunjuk dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • menyiapkan   bahan   perumusan   kebijakan   berkaitan   dengan   Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    • menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    • melaksanakan kurikulum Sekolah Dasar dan Menengah Pertama  sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
    • menyusun dan mensosialisasikan kurikulum muatan lokal dan kalender pendidikan kegiatan pembelajaran jenjang Sekolah Dasar dan Menengah Pertama;
    • melaksanakan standar pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Pertama;
    • melaksanakan koordinasi, fasilitasi, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan ujian sekolah jenjang Sekolah Dasar dan Menengah Pertama;
    • menyiapkan  bahan  pengawasan  pelaksanaan  Kurikulum  tingkat  satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar dan Menengah Pertama;
    • melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    • menyusun  laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta  realisasi anggaran Seksi Kurikulum dan Penilaian; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh  Kepala   Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  2. Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana, mempunyai tugas :
    • menghimpun  dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan,  petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan, dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
    • menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
    • membagi tugas, memberi petunjuk, dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • menyiapkan   bahan   perumusan   kebijakan   berkaitan   dengan   Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
    • menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
    • melaksanakan pemberian izin pendirian dan operasional lembaga Sekolah Dasar dan Menengah Pertama;
    • melaksanakan   monitoring,   evaluasi,   pengendalian   dan   pelaporan pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Pendidikan Dasar;
    • menyusunan  rencana  kebutuhan  dan  pemeliharaan  sarana  prasarana pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Pertama sesuai dengan standar nasional pendidikan;
    • melaksanakan pengadaan, pendistribusian dan pemeliharaan sarana dan prasarana satuan pendidikan pada Sekolah Dasar dan Menengah Pertama;
    • melaksanakan pembinaan dan pemantuan perpustakaan dan laboratorium satuan pendidikan pada Sekolah Dasar dan Menengah Pertama;
    • menyediakan   dan   mengawasi  pengunaan  buku  pelajaran   pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Pertama;
    • menyiapkan  bahan  pengawasan  dan  pengendalian  pendayagunaan  di bidang sarana prasarana Sekolah Dasar dan Menengah Pertama;
    • melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
    • menyusun  laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta  realisasi anggaran Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh  Kepala   Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  3. Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, mempunyai tugas :
    • menghimpun  dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan,  petunjuk teknis,  petunjuk  pelaksanaan,  dan  pedoman/ketentuan  lain  berkaitan dengan Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;
    • menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;
    • membagi tugas, memberi petunjuk, dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • menyiapkan bahan perumusan kebijakan berkaitan dengan Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;
    • menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;
    • menyusun pedoman pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) dan mutasi siswa jenjang Sekolah Dasar dan Menengah Pertama;
    • melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;
    • menyusun  laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta  realisasi anggaran Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh  Kepala   Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG PEMBINAAN KETENAGAAN

  • Bidang Pembinaan Ketenagaan mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengoordinasikan dan mengendalikan kegiatan, perumusan, penyusunan, pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan dibidang pembinaan ketenagaan   yang   meliputi   pendidik   dan   tenaga   ependidikan   PAUD   dan pendidikan nonformal, pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar.
  • Untuk  melaksanakan  tugas  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1),  Bidang Pembinaan Ketenagaan, mempunyai fungsi :
    • perumusan rencana kerja dibidang pembinaan ketenagaan yang meliputi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan pendidikan nonformal, pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • perumusan kebijakan teknis dibidang pembinaan ketenagaan yang meliputi pendidik  dan  tenaga  ependidikan  PAUD  dan  pendidikan  nonformal, pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • penyusunan  rencana  kerja  dan  kebijakan  teknis  dibidang  pembinaan ketenagaan yang meliputi pendidik dan tenaga ependidikan PAUD dan pendidikan nonformal, pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • pelaksanaan   koordinasi,   fasilitasi   dan   pembinaan   tugas   dibidang pembinaan ketenagaan yang meliputi pendidik dan tenaga ependidikan PAUD dan pendidikan nonformal, pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • pelaksanaan administrasi kepegawaian pendidik dan tenaga kependidikan;
    • pelaksanaan    pengawasan,    pengendalian,    evaluasi    dan    pelaporan pelaksanaan kegiatan dibidang pembinaan ketenagaan yang meliputi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan pendidikan nonformal, pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • pelaksanaan analisis jabatan, analisis beban kerja dan standar kompetensi pegawai pendidik dan tenaga kependidikan; dan
    • pelaksanaan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Pendidikan Nonformal mempunyai tugas :
    • menghimpun  dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan,  petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan bidang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan pendidikan nonformal;
    • menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Pendidikan Nonformal;
    • membagi tugas, member petunjuk serta mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • menyusun rencana kebutuhan dan penempatan tenaga kependidikan pada jenjang PAUD dan pendidikan nonformal;
    • menyusun data statistik tenaga pendidik;
    • melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan pendidikan nonformal;
    • melaksanakan pembinaan dan pengembangan profesi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan pendidikan nonformal;
    • melaksanakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan pendidikan nonformal;
    • melaksanakan  fasilitasi  sertifikasi  dan  penetapan  angka  kredit  tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan pendidikan nonformal;
    • memproses usulan pengangkatan dan mutasi kepala sekolah pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan pendidikan nonformal;
    • melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Dan Pendidikan Nonformal;
    • menyusun  laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta  realisasi anggaran Seksi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Dan Pendidikan Nonformal; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh  Kepala  Bidang Pembinaan Ketenagaan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  2. Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, mempunyai tugas :
    • menghimpun  dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan,  petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan bidang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Seksi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;
    • membagi tugas, memberi petunjuk serta mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • menyusun  rencana  kebutuhan  dan  penempatan  tenaga  pendidik  dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • menyusun   data   statistik   tenaga   pendidik   dan   tenaga   kependidikan pendidikan dasar;
    • melaksanakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • melaksanakan pembinaan dan pengembangan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • memproses usulan pengangkatan dan mutasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar;
    • melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar;
    • menyusun  laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta  realisasi anggaran Seksi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh  Kepala  Bidang Pembinaan Ketenagaan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG PEMBINAAN PAUD DAN PENDIDIKAN NON-FORMAL

  • Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Nonformal, mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengoordinasikan, dan mengendalikan kegiatan, perumusan, penyusunan, pelaksanaan pengawasan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan nonformal yang meliputi Kurikulum dan Penilaian, Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Peserta Didik dan Pembangunan Karakter.
  • Untuk  melaksanakan  tugas  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1),  Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Nonformal, mempunyai fungsi :
    • Perumusan  rencana  kerja  dibidang  Pembinaan  PAUD  dan  Pendidikan Nonformal yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter;
    • perumusan  kebijakan  teknis  dibidang Pembinaan  PAUD  dan  Pendidikan Nonformal yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter;
    • penyusunan  rencana  kerja  dibidang  Pembinaan  PAUD  dan  Pendidikan Nonformal yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter;
    • pelaksanaan  tugas  teknis  dibidang  Pembinaan  PAUD  dan  Pendidikan Nonformal yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter;
    • pelaksanaan   koordinasi,   fasilitasi   dan   pembinaan   tugas    dibidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Nonformal yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter;
    • pelaksanaan   kegiatan   dibidang   Pembinaan   PAUD   dan   Pendidikan Nonformal yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter;
    • pelaksanaan    pengawasan,    pengendalian,    evaluasi    dan    pelaporan pelaksanaan   kegiatan   dibidang   Pembinaan   PAUD   dan   Pendidikan nonformal yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, peserta didik dan pembangunan karakter; dan
    • pelaksanaan fungsi dinas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Seksi Kurikulum dan Penilaian, mempunyai tugas :
    • menghimpun  dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan,  petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    • menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    • membagi tugas, memberi petunjuk dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • menyiapkan   bahan   perumusan   kebijakan   berkaitan   dengan   Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    • menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    • melaksanakan kurikulum PAUD dan Nonformal sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
    • menyusun dan mensosialisasikan kurikulum muatan lokal dan kalender pendidikan kegiatan pembelajaran jenjang PAUD dan Nonformal;
    • melaksanakan standar pendidikan PAUD dan Nonformal;
    • melaksanakan koordinasi, fasilitasi, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan ujian sekolah jenjang PAUD dan Nonformal;
    • menyiapkan  bahan  pengawasan  pelaksanaan  Kurikulum  tingkat  satuan pendidikan jenjang PAUD dan Nonformal;
    • melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Kurikulum dan Penilaian;
    • menyusun  laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta  realisasi anggaran Seksi Kurikulum dan Penilaian; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh   Kepala  Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Nonformal sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  2. Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana, mempunyai tugas :
    • menghimpun  dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan,  petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan, dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
    • menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
    • membagi tugas, memberi petunjuk, dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • menyiapkan   bahan   perumusan   kebijakan   berkaitan   dengan   Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
    • menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
    • melaksanakan pemberian izin pendirian dan operasional lembaga PAUD dan Nonformal;
    • melaksanakan   monitoring,   evaluasi,   pengendalian   dan   pelaporan pelaksanaan Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD Daerah dan Pendidikan Nonformal;
    • menyusunan  rencana  kebutuhan  dan  pemeliharaan  sarana  prasarana pendidikan PAUD dan Nonformal sesuai dengan standar nasional pendidikan;
    • imelaksanakan pengadaan, pendistribusian dan pemeliharaan sarana dan prasarana satuan pendidikan pada PAUD dan Nonformal;
    • melaksanakan pembinaan dan pemantuan perpustakaan dan laboratorium satuan pendidikan pada PAUD dan Nonformal;
    • menyediakan dan mengawasi pengunaan buku pelajaran pendidikan PAUD dan Nonformal;
    • menyiapkan  bahan  pengawasan  dan  pengendalian  pendayagunaan  di bidang sarana prasarana PAUD dan Nonformal;
    • melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana;
    • menyusun  laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta  realisasi anggaran Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh   Kepala  Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Nonformal sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  3. Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, mempunyai tugas :
    • menghimpun  dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan,  petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan, dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;
    • menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;
    • membagi tugas, memberi petunjuk, dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
    • menyiapkan bahan perumusan kebijakan berkaitan dengan Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;
    • menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;
    • menyusun pedoman pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) dan mutasi siswa jenjang PAUD dan Nonformal;
    • menyiapkan alat kelengkapan pelaksanaan Pendidikan Nonformal;
    • melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter;
    • menyusun  laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta  realisasi anggaran Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter; dan
    • melaksanakan  tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh   Kepala  Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Nonformal sesuai dengan tugas dan fungsinya.

BIDANG KEBUDAYAAN

  • Bidang Kebudayaan mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengoordinasikan dan mengendalikan kegiatan, perumusan, penyusunan, pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan di bidang kebudayaan yang meliputi cagar budaya dan permuseuman, sejarah dan tradisi, serta kesenian.
  • Untuk  melaksanakan  tugas  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1),  Bidang Kebudayaan mempunyai fungsi :
    • perumusan  rencana  kerja  dibidang  kebudayaan  yang  meliputi  cagar budaya dan permuseuman, sejarah dan tradisi, serta kesenian;
    • perumusan kebijakan teknis dibidang kebudayaan yang meliputi cagar budaya dan permuseuman, sejarah dan tradisi, serta kesenian;
    • pelaksanaan   koordinasi,   fasilitasi   dan   pembinaan   tugas   dibidang kebudayaan yang meliputi cagar budaya dan permuseuman, sejarah dan tradisi, serta kesenian;
    • pelaksanaan pemberian penghargaan pada pelaku seni Kebudayaan;
    • pelaksanaan revitalisasi tradisi, sejarah lokal, kesenian dan kelembagaan budaya;
    • pembinaan  dan pengelolaan  museum dan cagar budaya;
    • pelaksanaan  registrasi, dokumentasi dan publikasi cagar budaya;
    • pelaksanaan pelestarian, pemanfaatan dan pengembangan cagar budaya;
    • pelaksanaan pemberian izin membawa cagar budaya ke luar daerah;
    • pelaksanaan    pengawasan,    pengendalian,    evaluasi    dan    pelaporan pelaksanaan kegiatan di bidang kebudayaan yang meliputi cagar budaya dan permuseuman, sejarah dan tradisi, serta kesenian; dan
    • pelaksanaan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Perwali-No.-6-Th-2022_SOTK-DIKBUD-TERBARU

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.